Kamis, 23 Desember 2010

105 Contoh-Contoh Perbuatan Amar Ma`ruf dan Nahi Mungkar

(Yosi Chandra Kurniawan)

Contoh-Contoh Perbuatan Amar Ma`ruf dan Nahi Mungkar

Amar Ma’ruf adalah perbuatan-perbuatan baik yang harus kita lakukan semasa hidup di dunia dan menjauhi perbuatan perbuatan mungkar (perbuatan dosa). Salah satu contoh dari Amar Ma’ruf adalah menjalankan sholat lima waktu. Sholat lima waktu adalah kewajiban umat manusia yang harus selalu dijalankan setiap hari. Dengan menjalankan sholat lima waktu kita dapat menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan disetiap waktu. Diharapkan dengan rajin sholat lima waktu dapat lebih mengingatkan kita agar tidak berbuat dosa. Mungkin manusia tidak akan pernah terhindar dari dosa tapi dengan rajin sholat dapat mengingatkan dan dapat menghindarkan kita dari segala dosa yang menjerumuskan kita dalam dosa.

Nahi Mungkar adalah perbuatan-perbuatan dosa yang harus selalu kita hindari. Contoh dari Nahi Mungkar adalah minum –minuman keras. hukuman dari orang yang minum-minuman keras adalah apabila orang itu sholat tidak akan diterima selama 40 hari. Karena minum-minuman keras dapat menghilangkan kesadaran dan membawa orang yang telah minum-minuman keras kedalam alam bawah sadar yang dapat memicu orang itu berbuat dosa yang lebih besar. Misalnya orang yang mabuk bisa mencuri, memperkosa, membunuh, dll.

7 komentar:

  1. nahi munkar itu membasmi kedzaliman baik didalam diri kita juga dilingkungan kita. . .

    BalasHapus
  2. amar ma'ruf nahi munkar adalah sebuah kewajiban seorang muslim...contohnya sudah di sebutkan dia atas. itu hanya sebagian kecil... yang laen masih banyak...ini yang harus menjadi pr kita dalam menjalankan amar ma'ruf nahi munkar

    BalasHapus
  3. bagaimana jika terdapat orang yang memerintahkan amar ma'ruf dan nahi mungkar kpd orang lain akan tetapi dirinya sendiri tidak melaksanakannya ?mengapa demikian.?

    BalasHapus
  4. Saya mintak pendapat nya teman2 semua, tentang seseorang yang selalu berprasangka buruk kepada orang lain dan....
    1.apabila istri atau suami yang slalu berprasangka buruk kepada mertuanya?
    Dan bagaimana cara mengatasi nya agar tidak berkelanjutan dan agar tidak menjadi seorang pendosa kepada mertuanya.

    2.bagaimana cara nya mengatasi sifat mertua atau orang tua kita yang selalu berprasangka buruk kepada menantunya..?
    Dan dengan cara apa agar kita bisa menyadarkan nya....?

    Soal hati, perasaan yang jadi pertanyaan adalah...?
    Hati ini gak akan pernah bisa atau sanggup untuk melihat mereka berdua slalu bertengkar dalam hati atau batin mereka, sakit rasanya hati ini menjadi seorang yang berada di tengah-tengah perasaan mereka. SIMALAKAMA.....!!!!

    BalasHapus
  5. Contoh Amar Makruf nahi mungkar dengan tangan

    BalasHapus