Kamis, 30 Desember 2010

086 Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar

(Eko cahyono)


Amal Ma’ruf dan Nahi Munkar

Sebagai umat manusia Umat manusia yang beriman, kita pantaslah bersyukur kepada Allah swt karena kita telah diberi kehidupan dan dilahirkan di dunia ini. Dan oleh sebab itu menurut saya apa yang dimaksud dengan Amal Ma’ruf dan Nahimunkar itu?. Menurut saya Amal Ma’ruf itu adalah menyuruh untuk kebaikan dan Nahi Munkar itu adalah mencegah dari keburukan.

Secara Luas kita dilahirkan di dunia ini memiliki fisi, misi, tujuan, dan langkah-langkah dalam Beramal Ma’ruf dan Bernahi Munkar.

1. Visi dalam Beramal Ma’ruf dan Bernahi Munkar.
Kita sebagai umat manusia di bumi ini mempunyai visi yaitu agar kita semua sesama umat muslim dapat berjalan di jalan Allah dan bisa melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah dan meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah.

2. Misi dalam Beramal Ma’ruf dan Bernahi Munkar.
Dalam menjalani kehidupan kita haruslah agar saling mengingatkan dalam kebenaran dan saling mencegah dalam keburukan, dan berusaha agar kita dapat mengingant kan sesame unat muslim supaya tidak terjerumus dalam keburukan, kemaksiatan dan rayuan setan supaya kita masuk neraka bersama mereka .

3. Tujuan dalam Beramal Ma’ruf dan Bernahi Munkar.
Tujuan kita dalam Beramal Ma’ruf dan Bernahi Munkar adalah supaya kita dapat menyuruh kapada sesama umat muslim dalam kebaikan dan saling mencegah dalam keburukan, maksudnya adalah kita haruslah bisa mengajak kepada teman-teman kita saudara kita atau bahkan keluarga kita sendiri, niasalnya saja menganjak menunaikan ibadah Sholat secara berjamaah, menjalankan puasa dibulan Ramadhan, mengingatkan agar supaya menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Dan agar kita dapat memperoleh kebahagiaan di dunia dan di ahirat.

4. Dan langkah-langkah dalam beramal Ma’ruf dan Bernahi Munkar.
Yang pertama kita harus bisa melakukan sendiri apa yang diperintahkan oleh Allah dan bisa menjauhi apa yang dilarang oleh Allah,baru setelah itu kita Beramal Ma’ruf dan Bernahi Munkar dilingkungan keluarga kita sendiri, kemudian pada saudara-saudara kita baru yang terahir pada teman-teman kita atau orang-orang yang kita kenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar