Kamis, 30 Desember 2010

117 Peranan Muslim

(IVAN AFRIANSYAH)

Peranan penting yang dimiliki oleh setiap muslim dalam menjaga dan menentukan nasib masyarakatnya, menerima tanggung jawab sosial dan menjadikan diri-diri setiap muslim sebagai penjaga sekaligus pengawas semua urusan yang terjadi dalam masyarakat, sudah dibahas dalam dalam fikih Islam yang kita kenal dengan amar makruf dan nahi munkar. Amar makruf dan nahi munkar ini dianggap sebagai sumber politik terpenting dalam Islam. Sebagaimana amar makruf dan nahi munkar merupakan salah satu pilar penting dan merupakan sebuah kewajiban dan sebuah keharusan dalam agama, maka wajib juga bagi setiap muslim untuk mengetahui Amar makruf dan nahi munkar

1. Sifat yg harus daya jga adalah tanggung jwab saya sebagai seorang muslim untuk tetap menjaga ibdah saya solat 5 waktu dan mengajak orng - orang untuk melaksanakannya.

2. saya harus dapat menjaga perkataan sya dri perkataan yg kurang baik dalam kehidupan sehari - hari.
3. saya harus menunjukan perbuatan yg baik agar dalam mengajak orang lain untuk berbuat baik mudah dalam mengajaknya.


Buah Dari Amar Ma’ruf Nahi Munkar

1. Keselamatan dari siksa Ilahi serta mendapatkan ridha serta jannah-NYA.
2. Terpeliharanya dunia ini dari menjadi sarang keburukan dan kejahatan yang menyulitkan untuk terlaksananya penghambaan kepada ALLAH SWT.
3. Ditegakkannya argumentasi bagi para pelaku kejahatan dan keburukan.
4. Mengingatkan yang lalai dan mengangkat yang tenggelam dalam noda apalagi bagi kaum muslimin.
5. Membentuk opini umum bahwa muslim yang merdeka adalah sangat menjaga etika ummat, keutamaan, akhlaq serta hak-haknya dan menjadikan mereka pribadi dan penguasa yang paling kuat fisiknya serta paling patuh pada hukum.
6. Memunculkan sensitifitas tentang makna ukhuwwah dan saling tolong-menolong dalam dalam kebaikan dan taqwa dan saling memperhatikan antara kaum muslimin dengan yang lainnya.
7. Penjagaan seluruh lapisan masyarakat secara umum maupun khusus.

1 komentar: