Kamis, 23 Desember 2010

140 Amar Ma`ruf Nahi Munkar

(Aulia Abraar Asrie)

Amal Ma`ruf (Mengajak Pada kebaikan)
Belakangan ini banyak anak muda yang berpakaian seronok ala orang barat. Mereka berpakaian seperti karena menganggap hal itu sebagai gaya hidup anak muda jaman sekarang,padahal hal tersebut bertentangan dengan hukum islam. Mereka menganggap hal tersebut sebagai suatu hal yang biasa.

Mereka seakan berlomba-lomba dalam hal memamerkan aurat mereka. Bahkan wanita yang berjilbab pun seolah-olah mengikuti tren tersebut,mereka mengenakan jilbab tetapi pakaian yang mereka gunakan amat sangat ketat. Hal ini sebenarnya bias dicegah dengan selalu mengingat jika Allah SWT selalu mengawasi kita 24 jam tanpa pernah tidur mengawasi semua gerak-gerik kita.

Hal ini perlu juga kesadaran dari diri sendiri untuk tidak mengikuti arus mode yang tidak sesuai dengan budaya orang timur. Kita sebagai sesame umat muslim juga harus saling mengingatkan satu sama lain, kita tidak boleh cuek. Saling mengingatkan antar sesame muslim juga termasuk berdakwah. Kita akan mendapatkan balasannya kelak jika kita mengajak saudara muslim kita yang tersesat kembali kejalan yang lurus.

Nahi Munkar (Mencegah Kemungkaran)
Akhir-akhir ini tingkat kriminaliatas di kota-kota besar seperti Jakarta meningkat. Rata-rata para pelakunya adalah para ABG berumur belasan tahun,mereka terlibat pergaulan yang salah sehingga mereka melakukan kejahatan seperti penjambretan dan pencopetan. ABG sekarang juga banyak yang menjadi pecandu narkoba karena ajakan dari teman-teman mereka.

Pergaulan yang salah seperti itu sebenarnya bias dicegah dengan mengajak para ABG tersebut mengikuti kegiatan yang positif seperti mengikuti klub-klub olahraga seperti klub sepakbola atau klub bulutangkis. Dengan mengikuti kegiatan olahraga seperti itu energi yang mereka miliki bisa tersalurkan tanpa ada yang dirugikan.

Dengan mengikuti kegiatan positif tersebut bukan tidak mungkin para ABG tersebut bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Hal tersebut bisa membuat bangga keluarga mereka dan hal tersebut jauh lebih baik daripada melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat seperti melakukan tindak kejahatn mencopet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar