Rabu, 22 Desember 2010

107 Amar Ma'ruf

(Rahmat Widodo)

Sebagai seorang mahasiswa langkah yang bisa saya lakukan dalam beramal ma’ruf nahi munkar adalah mengamalkan ilmu yang saya dapat selama menuntut ilmu, agar ilmu yang saya dapat barokah dan berguna.

Maka berilmu sebelum menyuruh, dan berlemah-lembut itu di waktu menyuruh, serta bijaksana setelah menyuruh. Kalau seandainya dia tidak seorang yang alim, tidak boleh untuk mengikuti apa yang tidak ia ketahui. Kalau seandainya dia itu seorang yang alim, tetapi tidak berlemah-lembut maka dia seperti dokter yang tidak mempunyai sikap
lemah-lembut, maka dia bersikap kasar terhadap pesien sehingga pasienpun tidak menerimanya. Dan seperti seorang pendidik yang kasar, maka anak pun tidak bisa menerimanya.

Orang yang mengikuti hawa nafsu, akan dibutakan dan ditulikan oleh hawa nafsu itu. Sehingga, dia tidak bisa mengingat hal-hal yang merupakan milik Allah dan Rasul-Nya dan tidak mampu mencarinya (tidak mampu mencari hal-hal yang merupakan milik Allah dan Rasul-Nya –pent).

Dia tidak ridho karena keridhoan Allah dan Rasul-Nya, dan tidak marah karena kemarahan Allah dan Rasul-Nya. Akan tetapi dia ridho bila mendapatkan sesuatu yang diridhoi oleh hawa nafsunya, dan marah bila menemukan sesuatu yang bisa membangkitkan kemarahan hawa nafsunya.

Dalam keadaan seperti itu, dia juga mempunyai segelintir syubhah agama, yaitu sesungguhnya yang dia ridhoi dan yang dia benci adalah dikarenakan (karena membela) sunnah, dikarenakan al haq (kebenaran)dan agama !!!. Jika ditakdirkan bahwa yang dia pegang itu adalah semata-mata kebenaran –agama Islam– sedangkan tujuannya (niatnya)
bukanlah menjadikan agama ini seluruhnya karena Allah, dan bukan menjadikan kalimat Allah itu menjadi tinggi, akan tetapi tujuannya (niatnya) adalah hamiyah (taashub atau hizbiyah) terhadap dirinya dan golongannya, atau tujuannya riya (disimulasi) supaya dia diagung-agungkan dan disanjung-sanjung, atau dia melakukan hal tersebut supaya dikatakan pemberani, atau karena kepentingan dunia.

Maka perbuatan itu bukan karena Allah, dan bukan pula jihad di jalan Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar