Kamis, 23 Desember 2010

128 Amal Ma'ruf Nahi Munkar

(DAVI WAHYUDI)


Dewasa ini banyak masyarakat yang lebih memilih untuk bersenag-senang dengan apapun caranya. Dengan bersenang-senang mereka tidak memikirkan apapun hal yang dilakukan. Entah bagaimana jalan pemikirannya sehingga mereka tidak menghiraukan hal yang dilakukannya benar atau salah.

Dalam Amal Ma'ruf kita diwajibkan untuk mengerjakan perintah-Nya. Kita sebagai umat muslim diwajibkan berusaha dan melaksanakan semua perintah-Nya. Dengan kita beramal kepada orang yang membutuhkan, itu merupakan salah satu kewjiban kita yang mampu. Segala hal yang kita lakukan di dunia ini pasti akan diminta pertanggungjawaban di dunia akhirat. Seperti halnya sholat fardhu dan mengaji. Hal itu adalah kewajiban kita sebagai umat muslim. Dengan kita mengerjakannya, kita dapat menambah amal baik dan pahala yang kita peroleh sangatlah banyak. Selain itu masih banyak juga hal-hal yang dapat menambah amal perbuatan kita yaitu, menolong orang yang sedang kesusahan dengan niat ikhlas, mengamalkan ilmu kepada orang lain, memberi zakat kepada fakir miskin, dll.

Sedangkan dalam Nahi Munkar, kita diharuskan untuk menjauhi semua larangan-Nya. Dalam kehidupan ini begitu banyak hal yang dapat menambah amal baik dan begitupun sebaliknya. Kita harus menjauhi hal-hal yang dapat menambah amal buruk. Selama kita hidup memang banyak hal cobaan yang membuat amal buruk kita bertambah. Kita sebagai umat muslim yang diwajibkan untuk beramal baik, dengan cara apapun kita harus menjauhi segala larangan-Nya supaya kita tidak terjerumus pada amalan yang sesat. Dengan hal itu kita dapat memperingati orang-orang terdekat kita bahkan teman kita yang telah menjauhi perintah-Nya supaya mereka bisa menyadari bahwa hal yang mereka lakukan adalah amal buruk yang dapat mejerumuskan kita ke neraka.

Maka dari itu, kita sebagai umat manusia haruslah mengerjakan sesuatu yang baik dan bermanfaat untuk amal yang kita bawa ke dunia akhirat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar