Kamis, 30 Desember 2010

122 Amar Ma'ruf Nahi Munkar

(Zulfy Zulqurnain)

Amal Ma`ruf (Mengajak Pada kebaikan)
Dewasa ini memang boleh dikatakan bahwa sekarang ini zaman yang edan. Banyak orang melakukan maksiat dengan terang-terangan tanpa terbesit rasa malu atau rasa bersalah sedikitpun. Mungkin karena moral mereka yang sudah diracuni oleh hal-hal negatif. Dengan kemajuan teknologi yang sekarang ini, kita harus pintar-pintar membentengi diri kita dengan ilmu agama agar tidak terpengaruh oleh hal-hal negative.

Di dunia maya misalnya, disitu sebenarnya terdapat banyak sekali ilmu tentang berbagai hal yang dapat kita ambil manfaatnya. Namun sebagian besar malah menggunakan internet dengan hal yang tidak baik, Sungguh ironis sekali. Memang kemajuan teknologi tidak hanya membawa hal positif namun juga membawa hal negative. Tergantung kita sekarang bagaimana kita membawa diri kita untuk memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk beramal baik.

Website misalnya, disitu kita dapat menulis segala sesuatu tentang kebaikan, ajakan untuk orang berbuat baik dan sebagainya. Karena internet terhubung atau terconnec diseluruh dunia jadi tulisan yang kita tulis dapat dibaca oleh orang diseluruh dunia. Dengan hal tersebut kita sudah dapat mengajak orang lain untuk berbuat baik.
Selain website kita juga dapat mengajak kebaikan kepada orang lain yaitu dengan pembuatan aplikasi. Contohnya saja aplikasi untuk Al-Qur`an digital. Tidak hanya bisa dibuka di komputer tetapi juga bisa dibuka atau di install di HP, jadi kita sewaktu-waktu dapat membaca al-qur`an kapanpun dan dimanapun.

Tapi dibalik itu semua memang tidak mudah untuk mengajak orang lain berbuat baik. Tergantung bagaimana kita mengemasnya agar orang lain tertarik untuk mengikutinya sebagai suatu hal kebaikan.

Nahi Munkar (Mencegah Kemungkaran)
Belakangan ini dimana-mana benyak terjadi aksi perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. Mungkin karena himpitan ekonomi yang mendesak yang mengakibatkan hal-hal tersebut terjadi. Kita harus ingat bahwa hidup didunia ini hanya sementara, jadi jangan sampai kita hidup di dunia ini hanya mengejar kesenangan duniawi. Jadi antara urusan dunia dan urusan akhirat harus seimbang.

Kita sesama manusia harus saling mengingatkan tentang kebaikan. Jadi apabila ada teman kita berbuat salah maka dengan kata yang lembut kita menegurnya agar tidak mengulangi perbuatan tersebut dihari kemudian. Memang tidak mudah untuk mencegah orang lain berbuat kemungkaran, disitu kita pasti mendapat cercaan, hujatan dan lain sebagainya. Memang tidak mudah untuk melakukan kebaikan, tetapi dengan perjuangan dan kesabaran itu kita akan mendapat pahala dari Allah yang besar sekali. Jadi kita tidak mau kalau teman kita atau siapaun juga berbuat kemungkaran.

Dimana-mana segala sesuatu harus dilakukan dengan perjuangan. Tanpa perjuangan yang gigih kita tidak mungkin dapat mencapai tujuan hidup kita. Dengan mencegah orang lain berbuat kemungkaran Selain kita mendapat pahala kita juga menyelamatkan saudara kita dari dosa. Jadi kita lebih senang lagi kalau sadara kita berbuat kebaikan. Bahwasanya kita harus ingat hidup didunia ini sementara jadi kita memanfaatkan hidup kita untuk berbuat kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar