Kamis, 23 Desember 2010

149 BAGAIMANA USAHA ANDA UNTUK MEMBUAT SESEORANG BERAMAL MA’RUF DAN MENJAUHI YANG MUNGKAR

(HUZAIRY EKA CANDRA)

BAGAIMANA USAHA ANDA UNTUK MEMBUAT SESEORANG BERAMAL MA’RUF DAN MENJAUHI YANG MUNGKAR

Pada zaman yang serba menggunakan alat-alat teknologi canggih sekarang ini, sangat sulit untuk membuat seorang manusia benar-benar melakukan hal-hal yang Ma’ruf, dan mencegahnya dari perbuatan yang Mungkar. Sebagai orang Muslim yang masih berpikir dan InsyaAllah beriman kuat kepada Allah SWT, kita sepatutnya membantu saudara kita yang muslim untuk melakukan hal yang sama.

Seperti yang dilakukan Sunan Kalijaga, yaitu dengan cara mendekatkan seoarang manusia kepada jalan yang benar tergantung dari zaman pada masyarakat tersebut. Sunan Kalijaga pun memiliki petunjuk dari Allah untuk berda’wah menggunakan kesenian daerah masyarakat sekitar, yaitu kesenian jawa seperti wayang, gamelan dan sebagainya.
Beda dulu , beda pula sekarang. Jamanpun telah berubah sedemikian rupa. Langkah yang tepat dilakukan oleh Sunan Kalijaga dulu, tidak akan mampu untuk merubah manusia jaman sekarang yang serba modernisasi.

Hal ini tidaklah main-main, mari kita coba pikirkan dengan sungguh-sungguh. Mungkin pikiran orang akan berbeda-beda dari segi dasar dari pemikirannya. Dasar pemikiran ini biasa berpengaruh dari apa yang diterima seseorang dari kehidupannya, yang akan mempengaruhi pemikirannya untuk melakukan suatu tindakan.

Itupun terjadi pada saya, yang tidak lain adalah seorang mahasiswa teknik informatka. Bisa saja pemikiran saya ini berhubungan dengan apa yang akan dipikirkan oleh mahasiswa lainnya yang bergelut dalam bidang yang sama. Dan kebetulan jurusan saya ini berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia khususnya di Indonesia yang sudah mulai menggunakan komputerisasi dalam segala aspek kehidupannya.

Kembali ke topik pemikiran awal, yaitu bagaimana cara saya untuk membuat manusia beramal Ma’ruf, dan mencegahnya dari yang Mungkar. Saya akan membuat banyak program-program bernuansa Islami, bahkan khusus untuk saudara-saudara Muslim saya. Misalnya seperti yang saya sedang usahakan hari ini yaitu Program Pembagian Warisan berdasarkan Islam, dan Program Peringatan Waktu Adzan Otomatis.

Selain itu masih banyak yang akan saya buat untuk hal ini, misalnya Program Penghitung Harta dan Zakat Manusia, dan program-program lainnya. Dan masalah yang kedua supaya manusia menjauhi apa yang dilarang oleh Allah SWT. Dalam jurusan saya, saya akan memBLOK situs-situs porno yang tersebar luas di dunia lain manusia jaman sekarang, yaitu Internet.

Langkah saya mungkin adalah langkah kecil yang dilakukan oleh manusia seperti saya, tetapi saya berharap semoga apa yang saya lakukan ini, berguna untuk Agama saya yang sangat saya cintai. Karena saya akan menangis dan menyesal jika manusia-manusia jaman sekarang mulai melupakan agamanya. Semoga langkah-langkah kecil yang saya lakukan ini, akan diiringi oleh langkah-langkah kecil lainnya dari teman-teman sehingga akan menjadi langkah yang luar biasa untuk Agama Islam dan seluruh kaum Muslimin dan Muslimat di seluruh dunia ini, Amin...

1 komentar: