Senin, 24 Januari 2011

Amar ma'ruf nahi munkar

(muhammad arif munandar)

Amar ma'ruf nahi munkar

Amar ma'ruf nahi munkar adalah sebuah perintah untuk mengajak atau menganjurkan hal-hal yang baik dan mencegah hal-hal yang buruk bagi masyarakat.

Dalil Amar Ma'ruf Nahi Munkar adalah:

Hai anakku, dirikanlah salat dan suruhlah manusia mengerjakan yang baik dan cegahlah mereka dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” [Luqman 17]

Jika kita tidak mau melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar, maka Allah akan menyiksa kita dengan pemimpin yang zhalim dan menindas kita dan tidak mengabulkan segala doa kita:

Hendaklah kamu beramar ma’ruf (menyuruh berbuat baik) dan bernahi mungkar (melarang berbuat jahat). Kalau tidak, maka Allah akan menguasakan atasmu orang-orang yang paling jahat di antara kamu, kemudian orang-orang yang baik-baik di antara kamu berdo’a dan tidak dikabulkan (do’a mereka). (HR. Abu Zar) [1]

Amar Ma'ruf Nahi Munkar dilakukan sesuai kemampuan. Yaitu dengan tangan/kekuasaan jika dia adalah penguasa/punya jabatan. Dengan lisan/tulisan jika dia adalah jurnalis atau intelektual. Atau minimal membencinya dalam hati atas kemungkaran yang ada. Ini adalah selemah-lemah iman (Hadits).

apabila kita melihat kemungkaran maka rubahlah dengan hati, jika tidak bisa rubhlah dengan lisan, bila tidak bisa juga rubahlah dengan tangan.

untuk berbuat yang amal ma'ruf nahi munkar menurut sebagian orang, sulit untuk dilalukan. padahal untuk mengerjakanya tidaklah sulit apabila kita mempunyai niat dan berpedoman pada Qur'an dan Hadist. orang yang menjalankan amal ma'ruf nahi munkar akan mendapatkan balasan dari ALLAH SWT berupa surga.

untuk itu dalam hidup kita ini, kita harus berbuat yang ma'ruf dan mencegah yang munkar. insya ALLAH hidup kita akan selamat dunai dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar